Friday, 15 July 2016

4 Cara Dalam Memperbaiki Missing Hal.dll

Advertisement
Beberapa Waktu yg lalu saat sedang menyalakan komputer, saya menemukan sebuah error yg mengatakan bahwa file hal.dll telah hilang (missing atau corrupt). setelah diteliti, error tersebut terjadi setelah listrik PLN padam. ada juga harddisk mulai rusak dan smart hdd mendeteksi kerusakan yg parah (first sector). dan error lainnya karena hard shutdown (menekan tombol power selama beberapa waktu hingga komputer shutdown tanpa pesan dan bisa dibilang dengan listrik mati) serta kerusakan power supply yg apabila kita shutdown, maka komputer menjadi error setelah dinyalakan kembali.

untuk memperbaikinya, saya memiliki 4 Cara berdasarkan pada pengalaman saya, kalau kamu punya cara yg lain, maka hal tersebut juga bisa membantu. kita belajar bersama ok. sebelumnya, kita pastikan dulu bahwa harddisk terdeteksi dan pastikan juga partisi system masih ada, saya juga pernah menemukan partisi system ada namun type system informasi NTFS/Fat32 hilang dan juga termasuk informasi kapasitas harddisk (biasanya bad sector). jika semua sudah selesai di cek, kita lanjutkan. error tersebut biasanya muncul tulisan seperti ini sebelum logo windows tampil namun bisa juga berbeda.

Windows could not start because the following file is missing or corrupt: <windows_root>\System32\hal.dll
please re-install a copy of the above file.

ada juga tulisan error yg lain namun memiliki kerusakan yg sama kecuali ada tulisan GRLDR.dll yg memberitahukan bahwa file tersebut telah hilang atau corrupt. cara memperbaikinya sama.

setelah dipastikan errornya, kita siapkan beberapa bahan yg diperlukan, pertama adalah CD/DVD windows yg masih baik dan pastikan bahwa CD/DVD windows sesuai dengan yg ada di komputer atau laptop kamu (versi yg sama). sebagai contoh, jika komputer atau laptop memiliki OS XP 2 maka CD/DVD windows kamu adalah Xp 2 atau jika ada windows tipe Flash drive juga bisa kamu gunakan.kemudian setting bios agar CD/DVD atau Flashdisk boot pertama kali.

setelah semua siap, maka untuk memperbaiki hal.dll, kita bisa menggunakan 4 cara yaitu:

1. Jika masih bisa masuk ke system windows (normal), kopi File hal.dl_ yg ada di CD/DVD atau flashdisk windows yg telah kita siapkan sebelumnya ke lokasi drive contoh C:\Windows\System32. letak file hal.dl_ ada di folder I386. setelah file di kopi, rename file tersebut menjadi hal.dll

2. Gunakan system Repair windows yg ada di CD/DVD atau Flash Drive jika tidak bisa masuk ke system windows secara normal. kemudian gunakan perintah CMD yaitu expand [drive CD/DVD atau FD]\I386\hal.dl_ ke [drive]\Windows\System32\hal.dll, sebagai contoh:

expand F:\I386\hal.dl_ C:\Windows\System32\hal.dll

jika ada pesan sukses atau ada tulisan sedang kopi. maka kamu telah berhasil memperbaiki missing/corrupt hal.dll

3. Kamu juga bisa gunakan HBCD untuk masuk ke system melalui mini xp. kemudian kamu bisa gunakan 2 cara di atas untuk repair windows kamu. dan cara ini juga sangat membantu bagi kamu yg bingung dengan windows repair CMD (Command prompt) serta memudahkan kita untuk mencari letak drive dan folder yg ada.

4. hapus virus yg ada untuk menyelesaikan perbaikan atau format ulang windows jika masalahnya terlalu parah atau error kembali lagi, virus juga bisa mengakibatkan windows yg sudah di repair kembali error lagi, atau masalah lain seperti bad sector, smart failure bad. dan sebagainya. tapi kamu akan kehilangan data penting saat di format ulang, gunakan HBCD untuk menyelamatkan data penting sebelum di format ulang.

demikianlah 4 cara yg sering saya gunakan dalam memperbaiki missing atau corrupt hal.dll, namun cara ini tidak akan berhasil jika harddisk mengalami kerusakan parah. untuk masalah bad sector atau smart status bad mungkin masih ada harapan, namun untuk harddisk damaged, rusak total. maka hanya 1 sampai 10% untuk data yg selamat. namun hal ini sangat jarang terjadi. paling sering adalah listrik mati, shutdown cepat, dan power supply kurang daya. untuk harddisk yg mengalami kerusakan bad sector dan smart failure status bad yg ringan. akan kita bahas nanti di posting saya yg lain. sedangkan jika kerusakan bad sector dan smart failure bad berat dikategorikan sebagai kerusakan parah. jadi belum tentu bisa diperbaiki.
Recent Posts

    No comments:

    Post a Comment

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih