Thursday, 18 February 2016

Cara Install Windows 8 Di Notebook Toshiba NB10A

Advertisement
Seperti yg kita ketahui(mungkin Belum), memasang windows 8 sangatlah susah pada notebook Toshiba Satellite NB 10-A Dikarenakan Systemnya yg baru yaitu UEFI Mode. di beberapa versi laptop atau notebook, Kita Hanya Perlu menggunakan Windows 8 Installer yg di Boot Melalui CD/DVD atau USB, Sedangkan Untuk notebook Toshiba NB 10-A Ini, hanya sebagian yg bisa (Mungkin saja type yg lain sama).

Untuk Memastikan jika laptop kamu bisa boot melalui CD/DVD External Dan USB, Cobalah Setting Berikut Ini :

1. Saat laptop Dinyalakan, Tekan Tombol FN + F12, jika boot menu tidak muncul, ulangi proses, namun kali ini kita coba dengan menekan tombol F12 saja. jika masih belum berhasil, maka biarkan laptop masuk ke windows dahulu, setelah itu, tahan Tombol "Left Shift" di keyboard, lalu pilih shutdown. tahan tombol tersebut hingga laptop mati. setelah itu nyalakan kembali lalu tekan tombol F12 atau FN + F12. maka kamu sudah berhasil menampilkan menu boot mode.

2. di dalam menu boot mode, pilih salah satu drive yg kamu gunakan untuk boot instalasi windows, misalnya USB atau CD/DVD. kemudian tekan tombol Enter. jika ada pesan yg menyuruh kita untuk menekan tombol apa saja agar windows 8 instalasi bisa berjalan, maka tekan tombol apapun, kalau saya sendiri sering menekan tombol Enter. jika tampilan menu instalasi windows sudah tampil, maka artinya laptop kamu bisa boot windows.

apabila saat kamu memilih type boot di menu namun laptop tidak mau boot ke windows instalasi, maka ulangi proses nomor 1. tapi kali ini kita akan menekan tombol F2 atau FN + F2 untuk masuk ke Bios Menu. setelah itu kita pilih menu Security, lalu kemudian setting Secure Boot ke disable. setelah itu kita pilih menu Power Management, setting SATA Interface setting ke Battery Life, lalu setting Internal USB3.0 Controller ke Disabled.

Optional : Jika kamu ingin Boot USB atau CD/DVD tanpa harus menekan tombol F12 atau FN + F12, maka pilih menu Advanced > Change Boot Order, pindahkan CD/DVD atau USB ke 1 (Paling atas). terkadang cara ini juga mampu untuk membantu kita agar mau Boot Melalui USB dan CD/DVD dengan mudah. Hal ini berlaku untuk Toshiba satellite NB 10A dengan bios versi 1.10 dan mungkin bisa kamu gunakan pada versi Bios yg lain, kecuali jika kamu ingin memasang windows 7, ada cara khusus untuk notebook type ini namun berbahaya. dan akan saya jelaskan pada tulisan saya yg lain.

Jika kamu belum tahu cara membuat USB Boot Windows 8, silahkan baca tulisan saya di bawah ini.

Cara Membuat USB Boot Windows 8 FD. (Belum Diterbitkan)

Apabila sudah membuat Boot USB dan dicoba di Notebook toshiba satellite NB 10A namun hasilnya gagal, maka coba cara di bawah ini.

Cara Membuat USB Boot Windows 8 FD Untuk Notebook Toshiba NB 10A. (Belum Diterbitkan)

Jika Semua Cara Sudah kita coba namun hasilnya gagal, dan kita juga sudah memastikan bahwa semua setting pas. maka cara terakhir adalah upgrade bios. akan saya jelaskan nanti. demikian tulisan saya, semoga berguna dan bermanfaat. sampai berjumpa lagi pada post saya yg lain. salam Uya Sur.
Recent Posts

    No comments:

    Post a Comment

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih