Monday, 13 April 2015

Memperbaiki Hasil Cetakan Printer Canon Kabur Atau Buram

Advertisement
Ketika kita sedang asyik mencetak dokumen yang telah kita buat menggunakan printer kesayangan kita, tiba-tiba saja tinta pada printer kita telah habis. karena kita sudah mempersiapkan tinta cadangan untuk printer, kitapun melakukan pengisian ulang pada katridge kita yang habis. namun sayang sekali, setelah mencetak dokumen kembali, hasil yang dikeluarkan oleh printer kita ternyata kabur atau buram. nah, hari ini, saya akan coba jelaskan kepada kamu penyebab hasil cetak pada printer menjadi kabur atau buram (Panduan ini khusus untuk printer Canon).

1. Penyebab utama hasil cetak pada printer tidak jelas, kabur atau buram.
ada beberapa hal yang menyebabkan semua ini, dan akan saya coba jelaskan satu per satu. dimulai dari katridge bocor (head rusak). mengisi tinta terlalu penuh, head katridge tersumbat, dan kesalahan pada pengisian tinta. mari kita mulai.

Katridge Bocor (head Rusak).
sebenarnya kerusakan ini jarang terjadi jika kita tidak menggunakan beberapa alat yang merusak head katridge. biasanya jika katridge bocor, kamu bisa melihatnya melalui head yang terletak di bawah katridge. untuk mengetahuinya, lakukan cleaning, kemudian buka printer dan ambil katridge tersebut. setelah itu, lihat bagian bawah katridge, apabila tinta yang keluar terlalu banyak atau menutupi seluruh lapisan head, maka bisa dipastikan, katridge bocor. namun hal ini masih belum bisa dipastikan, kecuali jika kita lihat tinta menetes di head dari katridge.

Mengisi Tinta Terlalu Penuh Saat Isi Ulang.
apabila tinta habis, jangan mengisi tinta terlalu banyak. mungkin sebagian orang tidak percaya akan hal ini. tapi bagi saya, itu benar. sebagai contoh, kamu lihat sebuah Spidol Marker, jika kamu buka dan melihat isi spidol tersebut, kamu akan melihat bahan kapas yang sama digunakan pada katridge printer. nah, spidol tersebut juga mempunyai takaran yang khusus untuk pengisian, sama dengan katridge printer kamu, gunakan takaran yang pas dan jangan sampai kapas yang ada di dalam katridge tersebut penuh sehingga kapas tidak bisa menyerap tinta yang kita isi. hal ini akan menyebabkan beban pada katridge menjadi lebih berat dan akhirnya akan menyebabkan kerusakan dan juga menyebabkan keluarnya tinta yang berlebihan sehingga hasil cetak kabur atau buram, dan bahkan lebih parah, hasil cetak tidak menampilkan apapun (tulisan yang kita cetak hilang). tapi untuk hal ini, kemungkinan masih bisa kita perbaiki.

Head katridge Tersumbat (macet).
yang satu ini saya akui sedikit susah untuk memperbaikinya. tapi sangat memungkinkan bagi kita untuk mengatasi Head Catridge yang macet. penyebabnya, dikarenakan printer sudah lama tidak digunakan, kesalahan letak printer, dan Tinta yang digunakan berbeda dengan tinta original. untuk kesalahan letak printer sebenarnya kurang berpengaruh, tapi meletakkan printer di tempat yang terlalu dingin akan menyebabkan Tinta membeku, dan jika meletakkan printer di tempat yang terlalu panas akan menyebabkan Tinta yang mengering. jadi serba salah kan? hehehe

Kesalahan Pada Pengisian Tinta (salah warna).
Dalam mengisi tinta, kita harus berhati-hati, jika salah dalam mengisi tinta, maka akan menyebabkan hasil print menjadi tidak bagus atau hasil cetak menjadi hilang. ada juga hasil yang dikeluarkan tidak sesuai dengan warna. hal seperti ini sebenarnya juga bisa menyebabkan hasil cetak menjadi buram, karena saat mencetak warna yang dihasilkan berbeda. dan hal ini berkaitan erat dengan masalah nomor 2, karena jika terlalu penuh, tinta akan tersebar melalui celah yg ada di atas.

itulah beberapa penyebab yang mengakibatkan hasil cetak pada printer kita menjadi kabur atau buram. nah, saya akan coba untuk membantu kamu dalam mengatasi maupun memperbaikinya. tapi saya juga tidak bisa menjamin bahwa kita bisa memperbaikinya. karena kerusakan seperti ini tidak dapat di tentukan. kadang berhasil, kadang juga tidak. namun tidak ada salahnya kita berusaha agar katridge tersebut bisa kembali seperti semula. apa yang saya tuliskan disini semuanya berdasarkan dari pengalaman saya dalam memperbaiki masalah printer. dan saya juga mengalami hal yang sama, kadang baik, kadang tidak. hehehe
ok, mari kita mulai saja.

Cara Memperbaiki Beberapa Penyebab Hasil Cetak Pada Printer Tersebut.
Untuk mengatasi masalah Katridge bocor sebenarnya susah, saran saya ganti katrige tersebut dengan yang baru, kalau kamu mau mencoba cara saya, silahkan ikuti langkah yang saya tuliskan di bawah ini.

1. pastikan tinta yg kita gunakan memiliki kualitas baik dan sesuai dengan tipe printer tersebut. misalnya, canon, maka gunakan tinta canon. sebenarnya bisa juga dengan tinta tipe lain seperti epson. namun memerlukan perawatan khusus, yaitu haruslah digunakan setiap hari. kemudian kita juga bisa lakukan head cleaning 1 - 2 kali, lalu print beberapa kali (sekitar 3 - 4 kali) dengan kertas yang sama sampai, hasil cetak kembali normal. lakukan berulang kali. 

2. lakukan deep head cleaning (jika ada) 1 kali dan cetak beberapa kali.

3. dalam keadaan katridge sudah dilepas dari printer dan siap untuk diperbaiki, letakkan katridge diatas tisu dan tahan dengan benda berat diatas katridge agar bisa berdiri dengan rata dan menekan seluruh head ke tisu. biarkan beberapa jam, kalau bisa 1 hari penuh. kemudian isi kembali tinta dengan takaran yg pas. cara ini juga bisa digunakan pada pengisian tinta yang terlalu penuh dan kesalahan pada pengisian warna. hal ini dilakukan agar tisu menyerap tinta habis sehingga tinta menjadi normal kembali. pada katridge bocor juga biasanya akan bekerja dan membuat katridge normal kembali. biarkan tisu menyerap habis tinta yang buruk. setelah itu, isi kembali tinta dengan takaran yang cukup.

4. untuk katridge yang tersumbat, gunakan pembersih head yang khusus, biasanya kamu bisa mendapatkan pembersih head di toko printer dan sebagainya. cara yang kedua, kamu bisa menggunakan air hangat (sedikit panas). rendam head katridge hingga tinta keluar dan membuat warna air berubah. (jangan rendam seluruh katridge, cukup head katridge saja).

5. gunakan minyak angin untuk mencairkan tinta kembali, lakukan seperti langkah ke 4 atau gunakan jarum suntik dan semprot ke head katridge agar mencair.

6. cara yang satu ini agak rumit, dan tidak menjamin bisa normal seperti semula. buka katridge dan keluarkan kapas yang ada di dalam katridge. kemudian semprotkan pembersih head menggunakan jarum suntik tinta tepat di tempat tinta menuju keluar (jarum suntik jangan sampai mengenai kapas head dan itu bukan kapas tinta, cukup disemprotkan), hal ini dilakukan agar selang pada head katridge menjadi bersih kembali. dan akhirnya tinta yang keluar pun lancar. kemudian bersihkan kapas katridge menggunakan tisu. setelah itu, letakkan katridge di atas tisu sampai seluruh tinta yang buruk diserap habis oleh tisu. setelah selesai, silahkan pasang kembali tutup katridge dan gunakan lem untuk menutup katridge seperti semula.

itulah beberapa cara yang saya lakukan untuk memperbaiki printer saya. ada cara lain yang saya gunakan, yaitu menggunakan pembersih kaca, tapi menurut saya sendiri, bahan tersebut membuat butiran kecil yang mungkin tidak baik untuk pembersihan. cara lainnya adalah menggunakan thinner. semoga cara ini bisa menyelesaikan permasalahan yang kamu miliki.
Recent Posts

    95 comments:

    1. trimakasih infonya sangat menarik,,
      bermanfaat sekali,,
      mantap,,

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama2 bang doni. semoga membantu memperbaiki permasalahan printer yg ada.

        Delete
    2. numpat tanya bang... printerku klo ngeprint di ujung kiri selalu buram... tapi ujung kanan bagus.. apa ya penyebab dan solusinya... thnks ujung <- burek atau putus2
      , ujung -> bagus

      ReplyDelete
      Replies
      1. untuk solusinya, coba mas anonymous lihat di belakang katridge, ada timing disk yg secara umum disebut sebagai sensor kertas berbentuk horizontal. biasanya ada yg terkena debu atau tinta, jadi bersihkan dulu dengan tisu atau head cleaner printer. jika masih blm bisa, cek di sebelah kiri. ada timing disk berbentuk bulat yg bertugas untuk memutar roda gigi printer. bersihkan. apabila keduanya masih blm bisa. test dengan katridge baru. jika baik. maka berarti penyebabnya adalah head yg ada pada katridge rusak. sedangkan jika masih blm bisa. ganti timing disk horizontal yg ada di belakang katridge. berarti alat tersebut sudah tidak bisa diperbaiki atau dibersihkan lagi. semoga membantu.

        Delete
    3. Mw nanya nh
      Printerku canon ip 2770
      Kalo prin warnanya brubah
      Yg hitam putus.putus
      Yg merah brubah jadi coklat
      Kuning jadi hijau
      Gmn gan solusinya
      Padahal q sering deep cleaning
      Udah tak bersihin pada head catridge jg pake tisu trus d tisu ttp warnanya brubah

      Minta solusi dong
      Trmksh

      ReplyDelete
      Replies
      1. sebelumnya, apakah pernah salah dalam mengisi tinta? kalau tidak, silahkan letakkan tisu di dalam printer yg ada di sebelah kanan tempat head katridge berhenti. ada busa. biasanya terlalu penuh jadi tidak bisa menyerap lagi dan akhirnya semua warna jadi tercampur. untuk katridgenya yg hitam dan warna, letakkan di tisu dulu dan biarkan 1 hari, misalnya dari pagi sampai sore, tahan atasnya dengan sesuatu yg agak berat agar head tertekan ke tisu. setelah itu, baru isi kembali dengan tinta baru. jika masih. coba gunakan head cleaner, bisa dibeli di toko resmi printer. semoga membantu.

        Delete
    4. Bang tanya juga. Kmrn pnh bwa ke tukng bneerin printer printer stabil. Eh jarak sehari putus2 lg hasil ngeprintnya. Ud coba bersihin ngkutin sran bang. Tetep aja putus2. Bosen gt tiap dibawa service normal ntar nyampe rumah keesokan harinya putus2 lg hasilnya. Giliran bnerin sndr g mau bener hasilnya

      ReplyDelete
      Replies
      1. coba mbak siti taruh jarinya di printer sebelah kanan, ada 2 busa yg menutupi head. biasanya basah yg artinya tinta tidak bisa diserap lagi. letakkan tisu disitu. terus ambil senter, lihat sensor timing disk yg ada di belakang rumah katridge berbentuk horizontal panjang membentang seperti kertas. biasanya ada juga tinta yg melekat. bersihkan dengan tisu. setelah itu coba lagi di print. tintanya di cek juga. gonta ganti merk tinta bisa menyebabkan kimia cairan tinta tersebut jadi bermasalah. saran saya, jgn terlalu banyak di head cleaning. dan merk yg biasanya blueprint maka harus blueprint juga biar aman, musti di print dulu sebanyak mungkin. buka aplikasi paint standar window. terus buat 4 buah kotak dengan warna hitam, biru, kuning dan merah. terus di print.

        Delete
      2. oh ya lupa. printernya coba di pindahkan ke tempat lain. mungkin lokasi yg mbak miliki terlalu dingin sehingga tinta cepat beku. jgn lupa pake head cleaner untuk memperbaiki tinta hitam putus2. jika sudah baik. maka print kan sekitar 5 kertas bolak balik. biar lancar. besoknya di nyalakan lagi.

        Delete
    5. bang knpa hasil prinan ogut warna nya selalu 1 warna padahal tinta sudah memadai pas di cek katridge nya
      trus yg hitam nya gamau keluar pdahal udh memadai jg
      solusinya gmna

      ReplyDelete
      Replies
      1. pertama, coba mbak ulan kasih tisu di headnya, geser sedikit. lihat warna apa yg keluar. jika ketiga warna keluar di tisu tersebut. coba lihat di rumah katridgenya, di sebelah kanan ada busa, apakah disitu bersih atau banyak tintanya. gunakan tisu dan letakkan di busa tersebut untuk menyerap tinta. ink tank penuh, akhirnya tinta jadi banyak disitu. kalau warna td setelah di kasih tisu ternyata tidak keluar juga. maka cobalah gunakan head cleaner tinta. ada kok di jual tempat toko printer. semoga membantu dan jgn malu untuk bertanya lagi. saya akan bantu semampu saya. oh ya. kalau ada katridge warna yg lain dan masih bagus. di coba. kalau baik. berarti katridge mbak sudah rusak.

        Delete
    6. Trims infonya. Printer ku iP2770 emang lagi ngadat. Ntar aku coba tips ini.

      ReplyDelete
    7. Pak saya mau naya printer saya Canon E400, hasil printnya tulisan ga jelas dan bergaris kenapa ya? padahal tinta ada.. mohon solusinya

      ReplyDelete
      Replies
      1. kepada mbak alia, apakah tulisan bergaris tersebut hanya buram atau menjadi satu dengan tulisan lain. jika buram. kemungkinan katridge macet. gunakan air hangat atau head cleaner untuk memperbaiki sebagian katridge yg macet. sedang jika tulisannya menjadi 1 seperti misalnya tulisan atas memiliki tulisan lain yg ada di bawah. maka bisa dipastikan sensor atau timing disk yg ada di belakang katridge membentang horizontal telah terkena tinta atau debu. solusinya bersihkan dengan tisu. mbak juga bisa gunakan sedikit head cleaner yg di tuang ke tisu untuk membersihkan tinta tersebut. semoga membantu ^_^

        Delete
    8. mas tolong bantu, Printer saya cannon MG2570
      pas ngprint tinta hitam, kalimat pertama kabur, untuk kalimat selanjutnya ada sebagian yang kabur ada yang normal

      ReplyDelete
      Replies
      1. katridge yg digunakan apakah menggunakan tabung infus? masalah tulisan kabur biasanya ada pada katridge, bisa juga kehabisan tinta karena tabung infus pada tinta tidak turun. kalau banyak yg saya temui itu adalah head katridge yg rusak. cobalah gunakan air hangat (kalau saya mengggunakan air panas) atau head cleaner untuk membuat katridge menjadi lancar kembali. jika masalah tidak bisa di atasi, jalan terakhir adalah menggantinya dengan yg baru. karena bisa di pastikan head katridge telah rusak.

        Delete
    9. Kak maaf, printer canon ip2770, waktu cetak warna hitam, hasilnya bergaris dan buram, itu kenapa ya kak? Padahal udah coba saya bersihkan pake air hangat, tinta juga ga penuh penuh bangett kak.. Tolong solusinya ya kak

      ReplyDelete
      Replies
      1. buat dek dea violeta, menurut saya ada 2 kemungkinan, namun sesuai kondisinya, apakah katridge tersebut sudah lama tidak digunakan? jika ya, maka kemungkinan tinta terlalu kering sehingga merekat dengan kuat. jadi jika air hangat tidak bisa, maka cobalah untuk menggunakan head cleaner yg ada di toko printer. kalau kamu bisa buka, maka buka katridge tersebut, lalu bersihkan busa yg ada di dalamnya, serta cek saluran tempat keluarnya tinta. ada lapisan yg menutupi lubang katridge yg dikenal sebagai penyaring tinta. mungkin saja ada debu yg menempel.

        nah 2 kemungkinan tersebut sudah saya sebutkan yg nomor 1. yg terakhir adalah mata (head katridge) telah rusak. cara lain yg bisa kamu gunakan adalah dengan cara meletakkan katridge di atas tisu yg bisa menyerap. lalu biarkan hingga seluruh tinta habis (biasanya 1 hari penuh). lalu isi kembali. perlu diperhatikan juga. jika tinta sebelumnya dan sekarang berbeda merek. maka bisa menyebabkan saluran katridge tersumbat lagi. karena jenisnya bahan kimia yg mungkin berbeda pada setiap merk. jadi jika ingin berbeda merk, pastikan tinta yg lama benar2 habis di dalam katridge. ada juga tinta type dye, light, dan sebagainya. untuk percobaan, dek dea bisa menggunakan tinta dengan type dye (kalau tidak salah). komposisi tinta tersebut ringan dan tidak cepat kering. semoga membantu.

        Delete
    10. Printer sy canon ip2770,
      Warna hitam pada file,tp wkt dicetakan dg settingan media kertas biasa setelan standar kok berubah jadi ungu,warna lain bagus.
      Sy jg gk salah isi tinta?
      Tp hasil akan hitam jk dicetak dg cetakan foto kualitas tinggi.
      Tlg solusinya bang
      Makasih bnyk sblmnya

      ReplyDelete
      Replies
      1. sebenarnya ada system pada beberapa tipe printer yg biasanya akan menggunakan warna lain jika tinta yg diperlukan telah habis. misalnya untuk warna biru, jika tidak ada maka akan digunakan warna merah. hasilnya foto atau tulisan yg di print menggunakan warna akan berubah juga.biasanya ada setting untuk print warna hitam putih saja, jadi jika kita print tulisan dan sebagainya tidak akan berubah jadi warna warni.

        solusinya kita bisa isi tinta yg telah habis tersebut(kita isi sedikit saja dulu) lalu di uji kembali. solusi terakhir adalah mengganti katridge tersebut. tapi bpk anonym juga bisa menggunakan alternatif lain yg mungkin saja tinta pada katridge telah macet.

        jika yg diperlukan hanya warna hitam. maka kita bisa setting di aturan printer tersebut dengan hitam putih. alasan kenapa saat menggunakan tipe photo membuat warna menjadi hitam saja adalah karena detail pada mesin telah berubah, sehingga menggunakan tenaga yg sedikit lebih besar. dan hasilnya, tinta yg telah habis tidak akan digantikan dengan warna yg lain.

        kerusakan yg lain adalah komponen pada katridge. coba dibersihkan dengan tisu atau bisa gunakan cara yg sedikit lebih beresiko. yaitu di oles dengan krim losfet, lalu dipanaskan sedikit dengan solder pada titik plat besi yg ada di katridge (hal ini dilakukan untuk membersihkan karat yg ada pada plat besi kuning yg ada pada katridge sehingga jalur listrik kembali tersambung).

        Delete
    11. mas mau nanya,printer saya canon e400 hasil cetak gambar nya ga jelas dan bergaris garis . mohon bantuan nya

      ReplyDelete
      Replies
      1. pertama bang venus uji dengan print text. apakah tulisannnya juga terputus? ataukah 2 baris tulisan telah bergabung ( misalnya tulisan atas dan bawah menjadi satu). jika begitu, maka bang venus bisa bersihkan sensor yg ada dibelakang katridge (bentuknya kertas terang seperti plastik panjang horizontal).

        tapi jika masih bermasalah, kita coba rendam dulu katridgenya ke air hangat (saran saya panas). kemudian di lap dengan tisu dan langsung di uji. (dari pengalaman biasanya untuk 1 - 2 print hasilnya normal lalu kemudian macet lagi). cara ketiga adalah menguras semua tinta warna hingga habis lalu di isi dengan tinta light dye (tinta yg sangat cair) mereknya bisa apa saja, epson atau canon tidak apa-apa. biasanya jika saat kita cetak fotonya bergaris, head nya rusak atau hanya macet. jadi apabila tinta biasa tidak bisa menuntaskan kemacetan. maka tinta light dye bisa membantu juga.

        setelah normal, baru di uji kembali dengan tinta biasa. tapi jika tidak ingin repot. kita bisa ganti katridge dengan yg baru. ^_^ semoga membantu

        Delete
    12. bang kemaren printer saya eror "the ink absorful full" terus saya bawa ke service printer . trus katanya udh bisa ngeprint sama mainboardnya katanya udah dia ganti . trus pas sampek rumah tintanya gak keluar . katanya hasil print kurang bagus karena cartridge nya lemah . tolong bantuannyaa . pening kali udah :(

      ReplyDelete
      Replies
      1. pertama, saya perlu tahu lebih dahulu merk printernya, apakah epson atau canon. kedua, jika printernya epson, di ambil dulu katridgenya, lihat apakah tinta masih ada atau sudah habis, kalau canon, di ambil juga, terus coba di isi sedikit, terus di coba lg. untuk tipe printer baru yg menggunakan tinta infus (selang dengan botol tinta) biasanya ada kunci seperti tuas yg digunakan untuk membuka dan menutup aliran tinta. jadi cek dahulu.

        menurut saya klo masalah ink absorber full sampai ganti mainboard, berarti merk printernya adalah epson, tp sya tidak bisa pastikan secara tepatnya.

        Delete
    13. Kak,mau tanya, printer saya canon e400, tapi hasil cetak tulisan hitamnya bergaris padahal selalu dipakai, itu solusinya bagaimana ya kak?

      ReplyDelete
      Replies
      1. apakah terjadinya saat tinta sudah di isi? dan apakah tulisan atas dan bawah menjadi satu? kalau tulisan menjadi satu dan bergaris, berarti masalah hanya ada pada sensor kertas (timing disk) yg ada di belakang rumah katridge, bentuknya seperti kertas transparan dan panjang yg terpasang di antar ujung printer. tuangkan sedikit air ke tisu, terus bersihkan timing disk tersebut.

        kalau garis putus saja, masalah ada pada katridge, cobalah bersihkan head katridge yg ada di bawah dengan tisu, klo mbak novita ke toko resmi printer, cari pembersih yg disebut head cleaner. pembersih tersebut cukup kuat untuk mencairkan tinta yg macet.

        Delete
    14. Kak saya mau tanya,printer saya canon ip2770 ,tinta model suntik,tinta hitam saya kalo ngeprint pake kecepatan normal dia bergaris putus,jadi tulisan itu kaya kepotong,kalo kecepatan high tulisan gajelas dan warnanya jadi seperti fotocopyan.. mohon solusinya kak.. makasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. wah mbak, sepertinya masalahnya ada pada katridgenya. apakah garis di tulisan tersebut menyatu dengan tulisan lain? klo tidak dan hanya putus secara horizontal, maka saya pastikan katridgenya. kalau mbak ada head cleaner(yg dijual di toko resmi printer) maka bisa coba gunakan tersebut, kecuali head sudah benar2 rusak. maka jalan terakhir adalah mengganti katridge tersebut. tapi mbak juga bisa gunakan alternatif lain yaitu letakkan katridge di atas tisu dan biarkan tisu menyerap tinta sampai habis (setidaknya 1 hari satu malam), letakkan benda yg agak berat di atas katridge supaya terdorong ke tisu. setelah 1 hari satu malam, mbak isi kembali tintanya dengan yg baru, kemudian coba lagi. mbak juga bisa gunakan air hangat untuk melancarkan tinta jika macet.

        untuk cara lainnya, mbak buka tutup katridge (nanti akan di lem kembali). lalu bersihkan semuanya termasuk busa yg ada di dalam katridge. dan gunakan suntikan untuk mendorong tempat keluarnya tinta (di isi dengan head cleaner). tutup kembali lalu isi lagi. semoga membantu ^_^

        Delete
    15. Kak sya punya printer Canon E400 bru dibeli blm nyampe seminggu tp dua hari ini klau diprint hitam tdk ada hasilnya alias kluar krtas kosong tp klau print warna bisa terprint, mohon solusinya kak

      ReplyDelete
      Replies
      1. apakah isi tinta sudah di cek mbak yayu? seminggu ini apakah banyak print? mungkin saja tinta hitam habis mbak. letakkan di atas tisu dulu, lalu lihat apakah ada tinta keluar atau tidak. jika ada, letakkan kembali terus coba print. kalau tidak coba di isi dulu. gunakan juga head cleaner kalau tidak keluar. barangkali katridge tersumbat. semoga membantu ^_^

        Delete
    16. Om, printer saya canon IP 2770, tinta pake tabung infus, kalo lagi cek nozzle, tinta C, M, Y, itu bergaris, dan yang bergaris itu yang warnanya cerah, itu troublenya karena apa om...??? Mohon solusinya, terima kasih...

      ReplyDelete
      Replies
      1. maaf baru di reply pesannya bang bayu, saya lama gak On nih. ada beberapa masalah yg ada jika tinta bergaris, selang tinta bisa macet karena ada tinta yg sedikit keras menjadi batu. jadi tinta kadang keluar dan tidak. ada juga head yg rusak, untuk memastikannya, sebaiknya bang bayu lepas dulu selang infus dari katridge, kemudian isi manual. jika masih bermasalah juga, coba letakkan di atas tisu untuk menyerap habis tinta tersebut. atau gunakan head cleaner tinta yg ada. semoga membantu.

        Delete
      2. oh iya, sebaiknya jgn terlalu sering menggunakan menu cleaning dan deep cleaning. karena akan membuat katridge menjadi rusak. saran dari saya, print 5 sampai 10 kali, baru di cleaning. fitur tersebut akan menguras tinta. tapi jika tinta macet dan mau keluar maka akan baik, tapi jika tidak maka akan membuat komponen yg ada menjadi panas dan akhirnya salah satu dari komponen menjadi rusak atau tidak stabil. hasilnya tinta yg keluar pun jadi tidak stabil. semoga jadi tambahan pengetahuan buat kita.

        Delete
    17. Bang... kalau hasil printnannya baris pertama ok trus baris keduax buram banget begitu seterusx itu kenapa ya ?

      ReplyDelete
      Replies
      1. timing disk biasanya kena tinta bang. coba dibersihkan dulu, letaknya ada dibelakang rumah katridge biasanya, berbentuk panjang horizontal seperti kertas terang. kalau masih juga kemungkinan katridge macet. gunakan head cleaner untuk melancarkan tinta kembali.

        Delete
    18. mo nanya gan,
      printer saya epson 1390,,kl print teks biasa normal hasinya.tp kl cetak photo (quality option) di bikin teks,hasinya loncat,tp di ujung kertas ajj.kl di bikin best photo hasiny ngeblur di ujung kertasnya.
      mohon pencerahannya gan,,,
      makasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. maaf baru balas bang anaxe. sudah lumayan lama saya tidak OL dikarenakan ada kesibukan di dunia nyata. menurut saya biasanya Timing disk terkena tinta atau debu. coba bersihkan dengan tisu, letaknya ada di belakang rumah katridge dan di samping. bentuknya horizontal (belakang) dan bulat (samping) dan seperti kertas plastik transparant. kalau bisa dibuka printernya, baru kelihatan bahwa timing disk kena tinta atau debu.

        sebagai pengalaman dan hasil analisa saya, sedikit saja kertas tersebut ditutupi oleh tinta atau debu, maka tulisan atau foto yg di print akan terputus atau blur (buram). tapi ada juga faktor lainnya yaitu head katridge rusak.

        Delete
    19. mau tanya kenapa prin aku mp237 kalo di print tidak bisa warna dan hanya bisa hitam itu pun kabur

      ReplyDelete
      Replies
      1. apakah sudah di test dengan katridge yg lain bang riki? jika baik kemungkinan katridge macet atau sudah rusak. sebaiknya di uji dulu dengan katridge yg lain. untuk pembersihan, coba gunakan head cleaner atau air hangat. letakkan katridge di air hangat (hati2 kena pin board yg berwarna kuning di depan katridge). semoga membantu

        Delete
      2. Bang,printer ane canon e400...Hasil print hitam tulisan bergaris,putus2,hilang sebagian tp cuma dibagian kertas paling bawah...itupun kualitasnya tinggi,klo kualitas standar tulisan putus2 sebagian...tinta warna hanya kluar warna kuning doank...dah dicoba pake air panas tetap hasilnya seperti itu,alhasil sering ane cleaning ato deep cleaning...gimana solusinya bang supaya ga kluar duit buat beli cartridge baru...hehehe...mohon solusinya bang...makasih

        Delete
      3. Saya ga nanya, karena pertanyaannya udh ada yg nanya dan udah dijawab juga. Tp saya salut sama agan ini udah sabar jawab semua pertanyaan satu2 wuiiiiiwww. Thanks yup! Sukses selalu :)

        Delete
      4. semoga saja gk keluar duit bang. hehehe
        jadi begini bang, karena air hangat tidak membantu, coba kita ambil dulu katridge warnanya, lalu goreskan head katridge ke tisu, lalu kita lihat apakah semua warna keluar atau memang hanya warna kuning yg muncul. kemudian kita bisa gunakan pembersih kaca merk cling warna biru atau apa saja. caranya sama. itu bahan sedikit kuat untuk mencairkan tinta, kecuali tinta yg beku lebih kuat dari pembersih kita. nanti kita kabari lagi jika sudah berhasil. masih ada cara lainnya yg mungkin akan saya tuliskan di tutorial baru nanti.

        Delete
      5. oh ya, jika hanya warna kuning yg keluar, pastikan semua warna telah di isi, bisa saja tinta hanya habis. yah, harap maklum. kenapa juga saya sering lupa mengatakan beberapa hal sederhana seperti tinta habis. hehehe

        Delete
      6. buat bang DM, terima kasih juga bang, kita disini sama2 belajar dan cari ilmu, jika ada yg salah atau kurang mohon bantuannya juga untuk di koreksi. ^_^ dan saya mohon maaf jika ada keterlambatan dalam membalas semua komentar, karena saya masih ada kesibukan di dunia nyata dalam membantu orang tua saya, jadi mohon di maklumi ^_^. terima kasih sekali lagi.

        Delete
    20. Saya mau coba praktek bongkar katride, kalau udah selesai katride di suntik dulu oleh tinta.? Apa langsung di colokin slang tinta nya.? Terimakasih jawaban nya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalau katridge masih baru, bisa langsung di pasang selang tintanya, tapi kalau sudah lama, ada baiknya di test dulu dan pastikan semua normal baru pasang selang tinta. semoga membantu jawabannya ^_^

        Delete
    21. permisi bang mau nanya,
      saya punya printer canon mg2570, tapi saat ngeprint yang pake warna merah warnanya spreti kecoklat coklatan gitu bang, gimana cara ngatasinya ?

      ReplyDelete
      Replies
      1. wah bang. itu berarti salah isi tinta ya? biasanya kalau salah isi tinta maka saat di print warna yg seharusnya keluar normal malah berubah jadi seperti tercampur begitu. kadang jika terlalu penuh dalam mengisi tinta juga bisa menyebabkan hal tersebut. solusinya mas letakkan head katridge di atas tisu dan biarkan selama 1 hari penuh atau kurang dari itu. maka seluruh tinta akan keluar, kita juga bisa hisap kembali tintanya menggunakan suntik dari tempat kita mengisi. mas bisa juga pakai alat penghisap tinta yg di biasa di jual di toko resmi printer. setelah tinta kosong, isi kembali sesuai dengan warnanya. untuk yg kepenuhan saja, bisa tunggu selama 10 menit atau lebih untuk mengurangi isi tinta yg ada dalam katridge tersebut.

        Delete
    22. mau nanya ni... print ku cannon ip2800, kalau print tugas yang ada gambarnya at warnanya walau cuma sedikit. hasilnya tulisan tinta hitam nya tidak muncul hanya tulisan at gambar nya yang berwarna yg muncul dan hasil print untuk warna hitamnya buram. penyebab nya apa ya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. umm, maksudnya apabila untuk tulisan biasa warna hitamnya tetap kabur atau buram ya mas? atau hanya saat print gambar?

        sedikit susah, tapi coba cek dulu setting printernya, apakah kertas biasa atau kertas foto. kalau print tulisan biasa ternyata buram, kemungkinan tinta tersumbat atau macet. pertama, gunakan air hangat seperti yg telah saya jelaskan di atas untuk melancarkan kembali. jika tidak keluar juga tintanya, gunakan cling pembersih kaca.

        sekarang ini saya sedang meneliti dengan menggunakan pemutih baju merk bayclin dan air putih. komposisi sama 50% hasilnya tinta yg macet keluar lagi. tapi belum bisa saya tuliskan karena harus mencobanya beberapa ratus kali lagi. hehehe.
        silahkan kalau ingin mencoba. resepnya hanya 2 itu saja. khusus untuk macet yg paling parah atau tidak mempan bahkan dengan head cleaner yg ada. tapi hati2, terlalu banyak bayclean akan membuat katridge overheat karena panasnya bahan tersebut.

        Delete
      2. kalau sudah direndam di air panas tapi yg hitam masih dalam satu baris kadang bagus kadang kabur gitu gimana atasinya?

        Delete
      3. mbak siti, menurut saya sendiri jalur yg digunakan untuk keluar tinta masih macet. coba dikuras habis dulu sisa2 tinta yg dulu. kita coba isi dengan yg baru. jangan terlalu banyak. secukupnya saja. kalau masih juga, sebaiknya di coba dengan head cleaner. jika blm baik juga, jalan satu2nya adalah dengan membuka kasing katridge, siram dengan alat suntik yg sudah berisi head cleaner ke dalam lubang katridge. tapi mohon maaf ini, kalau saya sendiri tidak selalu berhasil. karena yg saya takutkan tinta yg mengeras tersebut sudah tidak bisa di cairkan lagi dengan head cleaner. sehingga seperti kerak nasi yg terlalu melekat . semoga penjelasan saya ini membantu mbak siti karomah.

        Delete
    23. mau tanya,gimana cara mengatasi hasil printer canon ip2770 ketika ngeprint tadak jelas pada pengaturan print standar.klo pake high jelas.....??
      mohon penjelasan nya..

      ReplyDelete
      Replies
      1. masalah ini biasanya head katridge sudah mulai rusak bang. tapi tidak ada salahnya jika kita coba untuk memperbaikinya, pastikan dulu kita sudah memiliki cadangan untuk mengganti kalau tiba2 saja yg kita perbaiki malah bertambah buruk. hehehe

        hal pertama yg bisa kita lakukan adalah menguras habis seluruh tinta yg ada di dalam katridge. caranya letakkan katridge di atas tisu dan tahan dengan benda berat di atasnya (optional). tunggu hingga tinta habis (biasanya 1 hari lebih) atau abang bisa gunakan penghisap tinta. lalu isi kembali dengan tinta yg bagus. menurut saya, tinta yg ada telah tercampur dengan tinta merk lain sehingga kualitasnya seperti tercampur dengan air. tapi ada juga tinta yg macet. kalau dari opini saya, sebaiknya gunakan saja kualitas high jika baik. tidak akan bermasalah selama hal tersebut baik.

        sebenarnya tinta sendiri memiliki 3 tipe. saya hanya ingat 2 tipe. bisa di artikan seperti ini.

        dye, medium, hard. printer standar biasanya menggunakan tinta medium. sedangkan dye khusus digunakan jika kita pergi ke tempat lain dan meninggalkan printer tersebut selama lebih dari 1 minggu. dan kekurangannya juga tinta dye akan sedikit lambat untuk keras saat di atas kertas. untuk lebih detail, sebaiknya langsung ke situs resmi printer tersebut. disitu mungkin akan dijelaskan lebih detail tentang tipe tinta. semoga membantu ^_^

        Delete
      2. Saya mau nanya nih , saya kan mau ngprint nah pertama nya saya coba print sekitar 10lembaran dan hasilnya bgus nah trs saya coba lagi ngprint sekitar 20an lembaran pas di pertengahn ngeprint eh hasil prinan nya malah bergaris pdahal sebelum nya baik baik aja .trs saya sdh cleaning beberpaa kali cmn pas di coba ttp aja bergaris itu solusinya gimana yaa .apa karna kebanyakan ngeprint dlaam sehari jdinya hasilnya gtu. Makasih

        Delete
      3. bergarisnya apakah tulisannya muncul garis horizontal mbak nana? biasanya sensor kertas printernya terkena tinta. cek dibelakang katridge ada kertas berbentuk horizontal. biasanya kena tinta di sebelah kanan (tempat katridge berdiam). silahkan di cek dulu.

        Delete
    24. kak mau nanya warna printer dimerah mudanya gk mau keluar kenapa ya, yang lain padahal normal

      ReplyDelete
      Replies
      1. macet mungkin bang, memang biasanya yg warna merah ini paling sering macet. tapi bisa saja tintanya habis. coba di isi dulu sedikit baru di uji print, atau goreskak ke kertas tisu untuk memastikan. jika memang benar macet, coba gunakan air hangat atau head cleaner printer untuk memperbaikinya.

        Delete
    25. pak, printer saya canon MP237 tapi tinta hitamnya tidak keluar secara sempurna atau putus putus, saya sudah membersihkan head cartridge dengan tissu dan tinta keluar dengan baik namun saat di print menjadi putus putus atau ada baris dimana tinta buram dan ada baris dimana tinta keluar sempurna, bagaimana ya solusinya pak? terimakasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. saat kita menggoreskan katridge ke tisu, pasti akan terlihat bahwa semua tinta keluar, tapi jika kita letakkan sebentar lalu diangkat lagi. maka akan terlihat tinta mana yg keluar banyak dan sedikit. head katridge berbentuk garis dari depan ke belakang. jadi sangat memungkinkan garis tersebut ada yg tersumbat. jadi gunakan air hangat atau head cleaner untuk melancarkan tinta kembali. saran saya sebaiknya print 1 kertas berulang2 sampai tinta habis, baru isi sedikit. jika hasil print baik dengan tinta sedikit, maka bisa dipastikan head katridge rusak. silahkan di coba dulu.

        Delete
    26. Sg pak.. mw nanya ni. Printrku cannon 390. Klo print tlisannya nggk kluar cmn gmbarnya sja yg keluar hsilx. Mohon bntuannya

      ReplyDelete
      Replies
      1. test dengan nozzle check apakah tinta hitam keluar atau tidak pak adi, jika keluar, setting print ke high atau best. test apakah tulisan sudah muncul atau tidak. saya sendiri tidak bisa menyatakan penyebab kerusakan ini. tapi itulah solusi yg bisa saya berikan. dari pengalaman sendiri, kadang tinta hitam habis (sering terjadi untuk printer yg menggunakan infus). semoga membantu ^_^

        Delete
    27. pak saya mau nanya,,prnter saya cannon mg2570,,kalo prin pake hitam atau pake warna saja bagus,,tapi kalo pake keduanya hitam dan warna jadi tulisan yang di prin kaga jelas bahkan hampir hilang.. mohon pencerahan nya trima kasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. katridgenya error bang giri, coba sensor pin (depan katridge plat kotak) dibersihkan, atau gunakan sedikit losfet dan solder (tidak menggunakan timah). cara ini saya gunakan jika tinta tidak mau hilang hingga akhirnya bersih kembali. dan cara ini juga kadang mampu memperbaiki katridge yg tidak terdeteksi. semoga membantu bang. silahkan bertanya kembali jika masih bermasalah. barangkali ada yg lupa saya sampaikan.

        Delete
    28. Bang mau nanya printer saya E400 Klau ngeprint teks warnanya buram padhal sdh kualitas tinggi trus terkadang klau ngeprint dokumen ada dihalamn trtentu yg kosong (teksnya gak keluar),saya coba berkali2 msh kxk gt. Apa msalahnya dicartridge bang ? Pdhal tintanya msh ada

      ReplyDelete
      Replies
      1. sepertinya memang benar masalahnya pada katridge mbak anna, saran dari saya, coba gunakan head cleaner untuk menghilangkan macet pada katridge, tinta memang keluar, tapi kita tidak tahu apakah dia keluar dengan normal atau tidak. letakkan katridge di atas tisu tanpa di goreskan kemudian angkat kembali, lihat di bagian mana tinta yg keluar sedikit di tisu. saran kedua saya gunakan solder untuk membersihkan plat besi yg sudah di beri losfet. letaknya ada di depan katridge. terkadang karena kena tinta, deteksi pada katridge jadi error dan ada yg sampai menyebabkan katridge tidak terdeteksi. semoga membantu ^_^

        Delete
    29. Mas saya mau nanya ni, beberapa hari yang lalu canon MP287 saya digunakan untuk Photo Copy ( Seminggu sebelumnya diem ditukang service, karena cartridge rusak) Setelah itu kayaknya nagih lagi ke tukang service ( tapi saya gak nyerah, lalu saya googling) Dan Akhirnya nemu kode error, dan kode error sudah bisa di atasi, tapi kenapa jika kualitas print High bagus - pelan, Standard Dan Fast Cepat tapi Putus - Putus, kalo liat dari ritme nya karena cepat / Standard Garis 2 nya keputus. Please, I Really need your Help.

      ReplyDelete
      Replies
      1. sepertinya memang benar katridgenya bermasalah mbak eki, saran saya, coba uji dengan katridge yg lain dulu yg masih bagus. kalau masalahnya sama dan hasil print masih putus, kita cek sensor kertas yg ada di belakang, biasanya kena tinta. bersihkan dengan tisu. di samping kiri juga ada berbentuk bulat bersihkan juga. menggunakan air pada sensor kertas hanya akan meninggalkan bekas yg baru. namun saya belum tahu apakah berhasil dengan menggunakan head cleaner atau tidak. terkadang sensor kertas harus diganti dengan yg baru.

        nah, jika dengan katridge yg lain atau baru ternyata hasil print baik. saran selanjutnya yg bisa saya sampaikan adalah menggunakan head cleaner yg saya katakan sebelumnya. bahan tersebut bisa di dapatkan di toko resmi printer. rendam head katridge (hati-hati mengenai pin plat besi berbentuk kotak yg ada di depan katridge). rendam secukupnya sekitar 1 - 10 menit atau paling lama 1 hari (harus di isi tinta kembali), lalu uji ke printer. pastikan tinta masih ada dan tidak terlalu penuh. semoga membantu ^_^

        Delete
    30. Cadradge d tes d printer laen good tpi d tes d printer yg satunya hasilnya bad ,hasil cetakan 1/3 dan bahkan ga ada sma sekali .
      (cadradge hitam)
      Di pembuangan udah di mulusin tp masih sma

      ReplyDelete
      Replies
      1. apakah rumah katridge sudah dibersihkan pak wahyu? coba juga bersihkan sensor kertas printer yg ada di belakang rumah katridge dan disamping kiri printer berbentuk horizontal dan bulat. kadang jika kena tinta atau debu, maka hasil cetak printer jadi error. misalnya tulisan menyatu sendiri baris 1 dan 2. ada juga tulisan terputus dan sebagainya. semoga membantu ^_^

        Delete
    31. Mau nanya nih , saya kan lagi asik ngeprint sekitaran 10 lembaran lah trs saya ngeprint lagi sekitar 20han lembaran cuman pas lembar ke 6 eh hasil cetakan nya malah bergaris tulisan nya pdahal sebelum sebelumnya bgus aja hasil cetakan nya .saya sdh cleaning beberpaa kali cmn pas di coba ngeprint lagi ttp aja hasilnya smaa bergaria garis. Solusinya apa yaa .mhon bantuan nya makasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. cleaning tidak akan menyelesaikan masalah ini. coba katridgenya di angkat dengan tangan, posisi head katridge di bawah, lalu gerakkan katridge seperti menghempas dari atas ke bawah hingga tinta keluar (hati2 terkena lantai dan kaki saat tintanya keluar). setelah itu coba kembali. semoga membantu

        Delete
    32. printer saya ip2770,saya sering ngeprint dengan pengaturan high, ada pengaruh nya ga klo terus pake pengaturan high saat ngeprint ?

      ReplyDelete
      Replies
      1. tidak berpengaruh banyak bang. tapi sebenarnya setting tersebut digunakan untuk kertas foto agar kualitas foto tersebut lebih bagus. dan bedanya agak sedikit lambat dari setting normalnya saat print. dan jika di gunakan pada komputer atau laptop lain maka kita harus setting lagi biasanya. semoga membantu

        Delete
    33. knpa printer saya kalo cetak standar dapetnya ga sesuai dengan seharusnya , tapi kalo cetaknya yg photo malah bagus , ini cetak pas tulisan biasa / ada tabelnya juga ga lurus ,

      ReplyDelete
      Replies
      1. kemungkinan sensor kertas yg ada di sebelah kiri printer kita berbentuk bulat kena tinta pak nurian. coba juga cek di belakang rumah katridge berbentuk horizontal. saran dari saya, buka properti printer, di tab maintance, pilh print head alignment untuk mengatur ulang garis yg dicetak oleh printer. semoga membantu.

        Delete
    34. kenapa tinta hitamnya tidak maksimal ya keluarnya kayak putus putus gitu garisnya, gmna ya solusinya? dlu blm lama ganti catridge masak iya ganti lagi?

      ReplyDelete
      Replies
      1. mbak cek di belakang rumah katridge, apakah sensor kertas yg berbentuk horizontal kena tinta, atau cek juga di samping berbentuk bulat. biasanya sih kedua hal tersebut menjadi masalah. jika bersih dan baik2 saja. maka katridge mbak dikadyah yg bermasalah, kemungkinan mbak mengisi tintanya terlalu penuh hingga keluar dari atas (tempat kita mengisi). solusinya, coba letakkan di atas tisu lalu diatasnya diletakkan benda yg agak berat seperti tang potong dan sebagainya, tunggu sekitar 10 menit agar tinta diserap oleh tisu, kemudian bersihkan sedikit headnya dengan tisu, pasang kembali. jika ada perubahan pada garis putusnya, maka bisa dipastikan itu masalahnya.

        coba juga gunakan permbersih kaca merk cling warna apa saja. tuangkan sedikit saja di wadah, lalu letakkan katridge. paling lama 1 malam buat saya, kadang normal kdg jg tidak, jdi 50% perbandingan berhasil atau tidaknya. cara terakhir, beli head cleaner di toko resmi printer, gunakan dgn cara yg sama seperti pembersih kaca tadi. semoga membantu ^_^

        Delete
    35. kenapa hasil printernya garisnya putus putus ya? blm lama ganti catridge masak iya harus ganti lagi?

      ReplyDelete
      Replies
      1. entah sama atau tidak komentarnya, jawabannya sudah saya jelaskan diatas komentar tuan / nyonya dika ^_^

        Delete
    36. Mau nanya mas printer canon ip2770 klu ngeprint warna nya berubah warna kuning menjadi warna coklat....mohon pencerahan ?

      ReplyDelete
      Replies
      1. biasanya mbak mona salah dalam mengisi tinta katridge atau kita mengisinya terlalu penuh. kita kosongkan dulu isinya dengan cara letakkan katridge di atas tisu, lalu biarkan selama 3 - 5 jam, atau lebih baik kita tunggu hingga 1 hari, kecuali mbak Mona memiliki tools untuk menghisap tinta. biasanya ada di jual di toko resmi printer. selanjutnya, jika sudah kosong (walaupun sisa sedikit), isi kembali katridge dengan tinta.

        setahu saya, waktu saya salah isi dari warna kuning dan biru, berubah menjadi warna coklat. atau mbak bisa uji coba sendiri dengan tinta yg dimiliki, letakkan sedikit di wadah. lalu lihat hasilnya. semoga membantu

        Delete
    37. cara tau catridgeny kepenuhan atau enggk gmn ya? saya ngeprint, hsilny ga jelas, tpi saat head catridgeny sy tempelkan ke tissue tintany kluar kok. saya udh cleaning, hsilnya itu kayak tinta hitamny hbis, pdhl sdh saya isi. msh sj hsilny tdk jelas.

      ReplyDelete
      Replies
      1. ini solusi yg bisa saya berikan kepada mbak tata apabila tinta tidak keluar setelah di isi. untuk mengetahui apakah tinta penuh atau tidak adalah dengan cara mengisi ulang tinta tersebut. pastikan lubang katridge lebih besar dari jarum. jika saat mengisi tinta keluar dari lubang katridge tersebut. maka itu yg disebut kepenuhan.

        nah untuk tinta yg tidak keluar setelah di isi memang sering terjadi pada katridge. solusinya adalah menutup lubang katridge dengan isolasi. kemudian gerakkan katridge dari atas ke bawah seperti mau melempar (menghempaskan) hingga tinta keluar. hati2 tinta mengenai kaki atau benda disekitarnya. kemudian coba lagi. memang pada dasarnya tinta keluar tapi belum tentu lancar. jadi silahkan di coba. cara tersebut pernah saya gunakan sewaktu memperbaiki printer ip 2770. semula saya isi dan test ke tisu. tinta keluar, tapi saat di print tidak ada tulisan apapun. akhirnya saya angkat katridge tersebut dan saya lakukan gerakan seperti mau menghempaskan benda (jangan terlepas dari tangan). hasilnya tulisan muncul kembali. semoga cara ini juga berhasil untuk mbak tata. semoga membantu ^_^

        Delete
    38. mas knapa yah setiap memngprint tulisan nya kabur kadang tidak terbaca....padahal catdrig nya baru di beli bulan lalu,,,,giman solusinya,,,,,saya menggunakan canon ip2770

      ReplyDelete
      Replies
      1. maaf baru saya balas bang rudi. ada kerusakan pada pin konektor (plat besi bentuk kotak di depan katridge) yg menyebabkan katridge tidak terdeteksi. tapi ada juga akibat dari katridge yg lain. paling sering terjadi biasanya plat besi pin konektor kena tinta. coba dibersihkan dulu konektor yg ada di rumah katridge dan tempat pembuangan tinta. jika masih belum mengatasi masalah. maka gunakan solder dan losfet (bahan untuk membuat besi cepat panas) untuk memperbaiki sambungan katridge tersebut serta membersihkan nya seperti baru lagi. dan saat menggunakan solder. pastikan yg di panaskan hanya plat besi (hanya bentuk kotak saja), karena di luar dari bentuk tersebut berbahan plastik dan malah akan merusak dan membuat jalur listrik terputus. gunakan juga timah sedikit jika masih belum mau. semoga membantu ^_^

        Delete
      2. wah sepertinya saya salah dalam memberikan informasinya. yg dimaksud bang rudi adalah tulisannya kabur. saya sarankan untuk di isi dulu tinta nya. karena jika bang rudi rutin menggunakan printer tersebut. dalam jangka waktu 1 bulan atau kurang tinta akan habis. semoga membantu.

        Delete
    39. Semua warna tinta keluarnya normal dan bagus, tapi ada beberapa kendala yg sangat mengganggu.
      1). Hasil cetak baris pertama bagus,baris kedua putus, baris ketiga bagus, baris keempat putus lagi. Apa itu penyebabnya?
      2). Sama dengan hasil scan fotocopyannya juga.
      3). Tidak bisa mencetak dokumen yg ada logo dan shapes nya.


      Mohon bantuannya....,

      ReplyDelete
      Replies
      1. penyebabnya bisa dikatakan ada masalah pada katridge, untuk memastikannya, kita bisa gunakan katridge yg lain dan msh baik. biasanya head katridge macet pada garis tertentu. saran, gunakan head cleaner yg bisa di dapatkan di toko printer resmi, karena menurut saya sendiri, bahan yg lain tidak mampu untuk melepas macet tersebut.

        beda hal dengan tulisan menyatu dari baris pertama dan kedua, ini bisa disebabkan oleh sensor kertas printer yg berdebu. begitu juga dengan huruf pertama yg bergabung dengan huruf kedua. semoga membantu ^_^

        Delete
    40. hallo kak, saya mau nanya, dua hari ini printer saya bermasalah, kemaren warna merahnya yang hilang, hari ini malah warna merah dan kuning yang hilang, di cek di selang infusnya gak ada masalah, di ketriknya juga gak ad yang nyumbat ( sudah di tes pakai tisu bagian yang mengeluarkan tinta pada ketriknya warna merah, kuning dan birunya ada dan normal), di cleaning, deep cleaning sudah juga tapi kenapa dua warna itu masih tidak keluar ya? mohon jawabannya

      ReplyDelete
      Replies
      1. coba di nozzle check mbak, apakah normal atau tidak. ada yg bilang jika tinta normal tapi tidak keluar saat print maka ada kemungkinan bahwa katridge bocor, tapi ada juga masalahnya pada plat pin (di depan katridge) yg kena tinta sehingga printer menganggap warna merah dan kuning tidak ada atau error. saya sendiri juga belum menemukan secara pasti permasalahan ini. tapi saya akan coba berikan solusi yg saya alami sendiri.

        pertama, lepas infus dari katridge. tutup lubang katridge dengan isolasi (lem) kemudian test print, head cleaning, dan nozzle check lagi. cara ini harus sedikit bersabar, cleaning 1 kali, print satu kali juga. kadang saat tinta sisa sedikit, maka barulah tinta mau keluar. penyebabnya, tinta terlalu penuh. nah, ada juga pengalaman yg saya dapatkan yaitu tinta sudah habis, saat di gores di tisu masih keluar warnanya. tapi saat di cek kembali isi tinta sudah habis, jadi yg keluar hanyalah sisa tinta. saya isi sedikit kemudian test print terlebih dahulu, setelah itu cleaning baru print lagi. hasilnya barulah tinta keluar. semoga membantu mbak masrena ^_^

        Delete
    41. gan minta bantuan nya hasil print an nya khusus warna hitam nya klo buat ngeprint foto klo di usap hilang pada hal udah seharian,warna lain nya ma ok kenapa ya gan ?lalu harus bagaimana saya?terima kasih gan mohon bantuan nya

      ReplyDelete
      Replies
      1. yg di usap foto atau katridge nya bg prio? menurut saya. jika warna hitam yg ada di foto hilang saat di usap. maka saya rasa tipe tinta nya saja yg berbeda. ada 3 tipe tinta dan sangat berpengaruh pada hasil cetak.

        ada tipe dye, hard dan light dye. nah yg terakhir saya sebutkan itu tipe tinta yg sangat cair. kalau di cetak foto maka akan mudah hilang. beberapa hal lainnya yg bisa saya jelaskan adalah tinta yg berbeda merk, atau lokasi printer kita terkena matahari. jadi tinta terlalu cair. untuk lebih jelasnya tentang 3 tipe tinta. bang prio bisa mengunjungi situs resmi printer epson dan canon. disitu dijelaskan juga kelebihan dan kekurangannya. misalnya untuk tinta tipe light dye sangat pas digunakan saat kita pergi selama beberapa minggu agar katridge tidak macet. semoga membantu ^_^

        Delete

    Masukkan Komentar anda disini. mohon maaf, Link Aktif yang ada di dalam komentar akan terhapus secara otomatis oleh system blog ini.
    komentar akan di tampilkan setelah disetujui oleh admin. terima kasih